Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti
Nama: ANGGITA FRESTIANINGSIH WOLINGALO
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Anggita Frestianingsih Wolingalo, 2025. Analisis Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Azizah dan Pembimbing 2: Asriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti dan untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif (Deskriptif). Subjek penelitian ini adalah 1 guru perwalian kelas IV dan 23 peserta didik kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu wawancara terstruktur dan angket respon peserta didik. Analisis data untuk angket dalam penelitian ini mencakup frekuensi dan persentase. Hasil pengolahan keseluruhan angket menunjukkan bahwa 89,1% peserta didik sangat baik dan baik saat belajar menggunakan sumber dari alam dan 10,9% peserta didik cukup baik saat belajar menggunakan sumber dari alam. Data tersebut menunjukkan peserta didik merasa antusias dan lebih aktif saat belajar menggunakan sumber dari alam, serta menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Terdapat faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, yaitu keterbatasan waktu, cuaca yang tidak mendukung, dan perilaku peserta didik yang kurang disiplin. Wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa lingkungan alam yang asri di sekitar sekolah mendukung proses belajar, membuat peserta didik lebih mudah memahami konsep-konsep IPAS. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres 1 Wanamukti terbukti efektif dan memberikan banyak manfaat bagi peserta didik. Kata Kunci: Sumber Belajar, Lingkungan Alam, Pembelajaran IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up