JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES 1 TONDO |
Nama: HILDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hilda, 2025. ”Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLis)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPAS Kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, (1) Dr. Yusdin Bin. M. Gagaramusu, Lc., M.Ed (2) Pahriadi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Children Learning in Science (CLiS) dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Model ini mengikuti empat tahap siklus Kemmis dan McTaggart: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025, dengan melibatkan 28 siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan non-tes. Metode non-tes meliputi wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi, sedangkan metode tes menggunakan soal pilihan ganda untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Pada Siklus I, persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 64,29%, dibandingkan dengan 50% pada tahap pra-tindakan, yang menunjukkan peningkatan sebesar 14,29%. Pada Siklus II, persentasenya mencapai 100%. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 35,71% dibandingkan dengan Siklus I. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran CLiS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa. Oleh karena itu, penerapan model CLiS dapat dikatakan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Kata Kunci: Children Learning in Science, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS. |