JudulAnalisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV SD Inpres Boyantongo |
Nama: NABILA ARKHA ZHAKINA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nabila Arkha Zhakina, 2025, Analisis Penerapan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran SBdP kelas IV SD Inpres Boyantongo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Tadulako. Pembimbing (I) Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd (II) Pahriadi, S.Pd., M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan profil pelajar pancasila melalui pembelajaran SBdP dikelas IV SD Inpres Boyantongo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas IV serta Siswa kelas IV dijadikan sebagai subjek penelitian pendukung, untuk melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam menerapkan profil pelajar pancasila melalui pembelajaran Sbdp. Hasil penelitian menunjukan penerapan nilai-nilai dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) telah diterapkan dengan baik, Selama proses pembelajaran, guru telah menerapkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yang meliputi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Nilai religius dan sopan santun tampak dari pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran serta kebiasaan siswa memberi salam dan bersikap hormat terhadap guru dan teman. Dalam dimensi berkebinekaan global, guru menciptakan suasana kelas yang terbuka untuk berdiskusi dan mendorong siswa menghargai keberagaman, Dalam dimensi gotong royong, kegiatan kelompok seperti membuat kerajinan dari bahan bekas menunjukkan adanya kerja sama antar siswa. Dimensi mandiri juga terlihat saat siswa mengerjakan tugas individu tanpa menyalin milik teman, Pada dimensi bernalar kritis, siswa diberi ruang untuk bertanya dan menyampaikan pendapat, Dimensi kreatif terlihat saat siswa melaksanakan kegiatan berkarya seperti membuat kerajinan dari bahan bekas atau menyanyi lagu daerah dengan ekspresi masing-masing. Hambatan dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila yaitu keterbatasan sarana pembelajaran, keterbatasan kemampuan membaca pada sebagian siswa, serta belum meratanya sikap toleransi dan keaktifan belajar. strategi yang digunakan guru secara konsisten menggunakan metode yang mendorong partisipasi aktif siswa, seperti metode proyek, demonstrasi kolaboratif, serta diskusi kelompok, dan berupaya mengembangkan karakter siswa secara menyeluruh melalui pendekatan pembiasaan, pemberian tanggung jawab, komunikasi dengan orang tua, dan penguatan karakter secara bertahap. pembelajaran SBdP di kelas IV SD Inpres Boyantongo dapat menjadi media efektif untuk menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila jika dilakukan secara konsisten dengan dukungan dari semua pihak Kata Kunci: Profil pelajar pancasila, Mata Pelajaran SBdP |