Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Barang Bekas Dikelas 3 SDN WATUSAMPU
Nama: SALSA BHILA
Tahun: 2025
Abstrak
Salsa Bhila, 2025. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Barang Bekas Dikelas 3 SD Negeri Watusampu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeristas Tadulako, Dosen Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu, S.Pd., M.Pd (2) Nuraini, S.Pd., M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menerapkan model pembelajaran make a match berb antuan media kongkret yang terbuat dari barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dikelas 3 SD Negeri Watusampu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasik belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kongkret yang terbuat dari barang bekas dikelas 3 SD Negeri Watusampu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Watusampu yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi, soal tes evaluasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitaf dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kongrkret yang terbuat dari barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Watusampu. Nilai rata – rata ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah sebesar 52,17% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan 34,78% menjadi 86,95%. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 12 orang, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa. Jumlah siswa yang tidak tuntas pada siklus I adalah 11 orang, kemudian pada siklus II berkurang menjadi 3 orang. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan diatas, maka diperoleh bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kongkret yang terbuat dari barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dikelas 3 SD Negeri Watusampu. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai pada siklus I sebesar 52,17% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,95%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Make A Match, Barang Bekas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up