Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD INPRES 1 KAWATUNA
Nama: NI NYOMAN DINDA ARINI
Tahun: 2025
Abstrak
Ni Nyoman Dinda Arini, 2025. ?Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Inpres 1 Kawatuna?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu (2) Nuraini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan hasil belajar peserta didik di SD Inpres 1 Kawatuna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini melibatkan tiga guru wali kelas (kelas IV, V, dan VI) sebagai responden angket gaya mengajar, serta 21 siswa yang terdiri atas 6 orang untuk wawancara dan 15 orang untuk data nilai rapor. Instrumen penelitian berupa angket gaya mengajar, wawancara peserta didik, dan dokumentasi nilai rapor semester ganjil pada tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran angket gaya mengajar guru yang berisikan 20 pernyataan yang telah valid dan riabel, serta wawancara peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif serta uji korelasi product moment Pearson berbantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, gaya mengajar guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran yang efektif dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari Hasil analisis deskriptif yaitu 3,73 yang masuk dalam kategori ?baik?, dan hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,698 dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,004 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara gaya mengajar guru dan hasil belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tepat gaya mengajar yang digunakan guru, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru memiliki hubungan yang signifikan dan kuat terhadap hasil belajar peserta didik di SD Inpres 1 Kawatuna. Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar Peserta Didik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up