Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPAS KELAS VSD INPRES 5 BIROBULI
Nama: RIRIS NURUL AROFAH
Tahun: 2025
Abstrak
Riris Nurul Arofah, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 5 Birobuli”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu (2) Nuraini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 5 Birobuli. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen Research) dengan desain Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Grup Design. Sampel penelitian ini berjumlah 58 siswa, yang terdiri atas 29 siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media video dan 29 siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional berbantuan media gambar. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi dan tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-Tes berbantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji Independent Sampel T-Test yang menunjukkan nilai signifikan Independent Sampel T-Test 2-tailed p adalah 0,001. Hasil uji T-Test tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 2-tailed p < 0,05 maka H? ditolak dan H? diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media video efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 5 Birobuli. Model Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media video layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Media Video, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up