JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD INPRES 2 KAYUMALUE NGAPA |
Nama: VICKY DHITA REVI SAPUTRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Vicky Dhita Revi Saputri, 2025. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu, S.Pd., M.Pd (2) Nuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus, prosedur penelitian ini terdiri dari perencaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa dengan jumlah siswa 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes, teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan observasi aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I sebesar 79,80?n hasil observasi aktivitas siswa sebesar 70%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada pelaksanaan siklus II sebesar 92,30?n hasil observasi aktivitas siswa sebesar 90%. Hasil belajar pada pelaksanaan tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa Daya Serap Klasikal adalah 74,61?ngan presentase Ketuntasan Belajar secara Klasikal 69,23%. Dan mengalami peningkatan pada tindakan siklus II dengan Daya Serap Klasikal meningkat menjadi 78,84?ngan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal 84,61%. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar IPAS dapat meningkat melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media pada siswa kelas V SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, IPAS. |