Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Manajemen Lingkungan Belajar Terhadap Kreativitas Dan Kemandirian Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Alkhairat 2 Palu
Nama: ADITYA PRASETYO MADANUN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Aditya Prasetyo Madanun: Peran Manajemen Lingkungan Belajar Terhadap Kreativitas dan Kemandirian Siswa pada Mata Pelajaran Ipa di SD Al-Khairaat 2 Palu. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing:1 Rizal dan Pembimbing II Surahman Peran manajemen lingkungan belajar terhadap kreativitas dan kemandirian siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian telah dilakukan mengenai peran manajemen lingkungan belajar terhadap kreativitas dan kemandirian siswa dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas lima SD Al-Khairat 2 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen lingkungan belajar terhadap kreativitas dan kemandirian siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan lima indikator manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V dan guru. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 30 mahasiswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data diperoleh: (1) siswa tidak menerima perlakuan berbeda 80% (2) siswa tidak menerima bullying 70% (3) guru tidak hanya fokus pada satu siswa 80% (4) fasilitas di sekolah 80% (5) perpustakaan sekolah 85% (6) guru tidak membedakan kemampuan siswa 80% (7) lingkungan sekolah terasa membosankan 20% (8) guru di sekolah tidak berinteraksi dengan siswa 40%. Peran guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak hanya menyediakan materi pembelajaran berdasarkan kurikulum. Guru adalah seseorang yang memiliki keterampilan manajerial dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang baik. Dengan lingkungan belajar yang baik, diharapkan siswa akan memiliki pembelajaran yang menyenangkan tanpa gangguan, sehingga dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian siswa yang dapat merangsang rasa ingin tahu dan motivasi siswa untuk belajar. Siswa dapat memahami konsep kompleks dengan lebih baik, membantu dalam pengembangan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah holistik. Kreativitas juga meningkatkan keterlibatan siswa, membuat pembelajaran sains lebih menarik dan bermakna, serta mendorong kolaborasi dan kerja tim yang produktif di lingkungan belajar. Dengan demikian, kreativitas dalam belajar berperan penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan berkesan bagi siswa. Kata kunci: kreatifitas, kemandirian, dan Hasil Belajar IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up