Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBATUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD INPRES 2 LASOANI
Nama: ADINDA EKA YULIA NINGRUM
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres 2 Lasoani. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design) jenis Nonequivalent (Pre-test and Post-test) Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa, terbagi menjadi 20 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model CTL berbantuan media konkret dan 20 siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori berbantuan media buku. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah diuji valid dan reliabelnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test berbantuan IMB SPSS Statistic versi 30. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai Signifikan Two-Sided p 0,022 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres 2 Lasoani. Model pembelajaran CTL berbantuan media konkret layak dipertimbangkan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up