JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN UNGKAYA |
Nama: INTAN TRI CAHYANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Intan Tri Cahyani, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Multimedia pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Ungkaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu (2) Nur Rahma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang didukung oleh multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN Ungkaya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 37 siswa, yang terdiri atas 20 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia dan 17 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media gambar. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 15 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-testdan uji N-gain berbantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji Independent sample T-Tes yang menunjukkan nilai signifikan Independent sample T-Test Two-Sided p adalah 0,019. Hasil uji T-Tes tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi Two-Sided p < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa model tersebut efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai ratarata N-gain sebesar 0,7524 yang dikategorikan dalam efektivitas tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia efektif dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Ungkaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Multimedia, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPAS |