JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KABONENA |
Nama: NI NYOMAN TRISIA MONIKA SARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan audio visual pada mata pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kabonena. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen Research) dengan deesain Nonequivalent (Pretest Dan Posttest) Control Grup Design. Sampel penelitian ini berjumlah 42 siswa, yang terdiri atas 21 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan audio visual dan 21 siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori berbantuan audio visual. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 18 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T -Test berbantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji Independent Sampel T-Test yang menunjukan nilai signifikan Independent Sampel T-Test 2-tailed p adalah 0,001. Hasil uji T-Test tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi 2-tailed p < 0,05 Maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan audio visual efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Kabonena. Model Project Based Learning (PJBL) berbantuan audio visual layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. |