Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PROBLEM SOLVING SKILLS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 4 KALUKUBULA
Nama: NADYA DESWITA
Tahun: 2025
Abstrak
Nadya Deswita, 2025. “Analisis Problem Solving Skills Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 4 Kalukubula”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sarintan N Kaharu (2) Nur Rahmah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan problem solving siswa kelas V SDN 4 Kalukubula pada mata pelajaran matematika serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan problem solving tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dengan subjek sebanyak tiga siswa yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu satu siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu memenuhi keempat langkah pemecahan masalah Polya secara optimal yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan dan looking back, sementara siswa kategori sedang memenuhi tiga indikator yaitu understanding the problem, devising a plan, dan carrying out the plan. Adapun siswa kategori rendah hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu understanding the problem dan carrying out the plan. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah meliputi faktor internal terdiri dari pengalaman, kemampuan kognitif, dan kepercayaan diri. Serta faktor eksternal terdiri dari penggunaan model pembelajaran dan lingkungan belajar. Kata kunci: Kemampuan, Pemecahan Masalah, Mata Pelajaran Matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up