Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan LKPD PBL Berbantuan Articulate Storyline (Digestlearn) Untuk Siswa Kelas V SD Inpres 6 Lolu
Nama: AFARIANSYAH GARODI
Tahun: 2025
Abstrak
Afariansyah Garodi, 2025. “Pengembangan LKPD PBL berbantuan Articulate Storyline (DigestLearn) untuk Siswa Kelas V SD Inpres 6 Lolu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Asriani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat validitas dan kepraktisan LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan menggunakan aplikasi Articulate Storyline (Digestlearn) dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall dengan melibatkan validasi dari segi isi dan media, serta uji coba kepraktisan oleh guru dan peserta didik. Subjek penelitian terdiri atas enam siswa kelas V serta satu guru kelas di SD Inpres 6 Lolu. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil pengujian menunjukkan bahwa LKPD Digestlearn memenuhi kriteria valid dan praktis serta mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar. Selain itu, media ini juga terbukti membantu siswa memahami materi IPA secara lebih mudah, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, LKPD ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA karena dapat memperkaya pengalaman belajar, serta mendukung peningkatan kreativitas, kemampuan komunikasi, dan pemahaman konsep siswa tentang sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: LKPD, Digestlearn, Problem Based Learning, Articulate Storyline

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up