Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Penerapan Pembelajaran Tanggap Budaya Culturally Responsive Teaching Di Kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli
Nama: NENGSIH JULIANTI
Tahun: 2025
Abstrak
Nengsih Julianti, 2025. “Identifikasi Penerapan Pembelajaran Tanggap Budaya (Culturally Responsive Teaching) di Kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Herlina (2) Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan pembelajaran tanggap budaya (culturally responsive teaching) di kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli, responden penelitian ini yaitu siswa dengan jumlah 27 orang dan guru kelas IV A SDN Inpres 1 Birobuli. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, studi dokumen dan angket. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, studi dokumen, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukan penerapan culturally responsive teaching di SDN Inpres 1 Birobuli telah menciptakan pembelajaran yang inklusif dan bermakna dengan mengintegrasikan budaya lokal. Metode ini meningkatkan pemahaman, motivasi, dan toleransi siswa, meskipun masih perlu optimalisasi di semua mata pelajaran. Jika metode ini diterapkan secara lebih konsisten, diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang menghargai keragaman budaya. Kata Kunci: Pembelajaran Tanggap Budaya, Culturally Responsive Teaching, Keberagaman Budaya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up