JudulPengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan CRT Berbantuan Articulate Storyline (Artleap) Untuk Siswa Sekolah Dasar |
Nama: FIRTA NOVIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Firta Noviana, 2025. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan CRT Berbantuan Articulate Storyline (Artleap) Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Asriani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis problem based learning dengan pendekatan CRT berbantuan articulate storyline (Artleap) untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan four-D (4D) dari Thiagarajan dengan dibatasi 3 tahapan saja. Subjek pada penelitian ini yaitu wali kelas VA SD Negeri 24 Palu. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi dan instrumen penilaian kepraktisan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai ahli materi sebesar 81,25?ngan kriteria sangat valid, rata-rata nilai validasi ahli media sebesar 87,5?ngan kriteria sangat valid. Peneliti memperoleh rata-rata nilai uji validasi ahli sebesar 84,4?ngan kriteria sangat valid. Sedangkan rata-rata nilai kepraktisan pengguna yang diperoleh sebesar 91,1?ngan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar Artleap pada materi sistem pencernaan pada manusia yang dikembangkan telah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPAS di kelas VA Sekolah Dasar, serta dapat memberikan strategi pengajaran yang responsif terhadap budaya dan menjadi inovasi dalam bahan ajar. Kata Kunci: Modul ajar, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching (CRT), Articulate Storyline, Artleap. |