Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 1 KAYUMALUE PAJEKO
Nama: RIA CHRISDIANTI MILUA
Tahun: 2025
Abstrak
Ria Chrisdianti Milua, 2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sarintan (2) Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (kuantitatif) dengan jenis penelitian yaitu quesi experimental (penelitian experimen semu). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko pada tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA 21 siswa sebagai kelas ekeprimen dan VB 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik penarikan sampel yaitu menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh nilai rata rata pretest eksperimen 62,38 sedangkan nilai rata rata pretest control 51,90 dan nilai rata rata posttest ekperimen 78, 10 sedangkan rata rata posttest control 61,90. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Paired T Test pada taraf signifikan 5% (0.05) diperoleh nilai signifikan 0.000. Karena nilai signifikan T-test <0.05 (0.000 <0.05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Metode Ekperimen, Hasil Belajar, Materi IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up