JudulPengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Birobuli |
Nama: SILMA MBORESA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Silma Mboresa, 2025. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Birobuli“. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu (2) Nurul KamiSani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Disovery Learning yang didukung oleh media video animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Inpres 3 Birobuli. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 59 siswa, yang terdiri atas 30 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas control. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan lembar angket dengan 18 pernyataan. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji Dependent Sample T-test (Paired Sample T-Test) berbantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning berbantuan media video animasi terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji Dependent sample T-Test yang menunjukkan nilai signifikan Dependent sample T-Test Two-Sided p adalah 0,019. Hasil uji T-Tes tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi Two-Sided p < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa model tersebut efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media video animasi efektif dan dapatberpengaruh terhadap motivasi belajar IPAS kelas IV SD Inpres 3 Birobuli. Kata Kunci : Discovery Learning, Media Video Animasi, Motivasi Belajar, IPAS. |