JudulPengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Inpres 2 Besusu |
Nama: NURUL AMALIA TAMSIR |
Tahun: 2025 |
Abstrak NURUL AMALIA TAMSIR, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V SD Inpres 2 Besusu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N. Kaharu, S. Pd., M. Pd dan Nurul Kamisani, S. Pd., M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Inpres 2 Besusu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan berbentuk one group Pretest-posttest desaign. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 2 Besusu yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi dan wawancara. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial berbantuan program aplikasi IBM SPSS statistic versi 30. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata rata Pretest yaitu 54,85 dan nilai rata-rata posttest yaitu 88,37. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis H0 menolak dan menerima Ha, artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Inpres 2 Besusu. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, IPAS. |