| JudulPengaruh Model Pembelajaran Cntextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Media Vedia Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 6 Lolu |
| Nama: PUTRI ANANDA LESTARI |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Putri Ananda Lestari, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 6 Lolu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu (2) Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang didukung oleh media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SD Inpres 6 Lolu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa, yang terdiri atas 30 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video dan 22 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media video. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 17 soal. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis dan uji N-gain berbantuan SPSS versi 30. Hal ini terlihat dari uji Independent sample T-Tes yang menunjukkan nilai signifikan Independent sample T-Test Two-Sided P adalah 0,019.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 6 Lolu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Video, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPAS. |