JudulPeranan Guru Dalam Memberi Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V Di SDN 1 SINDUE |
Nama: RAHMAT RAMADAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rahmat Ramadan, 2025. Peranan guru dalam memberi motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN 1 Sindue. Skripsi. Program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako, Pembimbing 1 Sarintan N. Kaharu, Pembimbing 2 Nuraini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai motivator dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa kelas V di SDN 1 Sindue. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa masih terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, meskipun guru telah berupaya menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menjalankan perannya sebagai motivator dengan membangkitkan minat belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan pujian yang wajar, memberikan penilaian dan hadiah, serta menciptakan persaingan dan kerja sama di dalam kelas. Strategi ini terbukti efektif bagi sebagian besar siswa yang menunjukkan motivasi belajar tinggi, namun masih terdapat beberapa siswa yang kurang termotivasi karena faktor internal maupun eksternal. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang lebih individual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara menyeluruh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peranan guru sangat penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Guru diharapkan dapat terus mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan adaptif untuk menjangkau seluruh karakter siswa. Kata kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar. |