JudulPengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 3 Tondo |
Nama: ANDI FADILAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Andi Fadilah, 2025. Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pertama Azizah, S.Si, M.Pd, Pembimbing kedua Asrian S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yanng digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan bentuk Control experiment group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo Tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 67 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar siswa yang telah di validitas dan realibilitasnya. Analisis data menggunakan uji persyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample t-Test yang dianalisis menggunakan SPSS For Windows 27. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai ? 0,05. Karena nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis Ho, artinya penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS berpengaruh. Berdasarkan hasil uji coba hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci: Pengaruh, Discovery Learning, Minat Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPAS. |