Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi
Nama: FADILA SAHRANI
Tahun: 2025
Abstrak
Fadilah Sahrani, 2025. ”Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Azizah, S.Si, M.Pd., (2) Asriani, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Sempel yang digunakan yaitu Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi yang berjumlah 27 siswa. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan Inferensial, dengan hasil yang diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 65,74 dan nilai rata-rata posttest yaitu 92,87. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual. Hasil ini diperkuat dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji paired sempel t test pada taraf signifikan 5% (0,05). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai singnifikan 0.000. karena nilai signifikan T-test < 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi Kata Kunci : Media Audio Visual, Minat Belajar Siswa, dan Pembelajaran IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up