JudulPENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD INPRES 1 KAYUMALUE PAJEKO |
Nama: SITI NUR ANISAH DG SINDRING |
Tahun: 2025 |
Abstrak Siti Nur Anisah Dg Sindring, 2025. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Azizah (2) Asriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 42 siswa, 21 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dengan hasil yang diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 69,14 sedangkan pretest kelas kontrol yaitu 68,43 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 79,62 sedangkan posttest kelas kontrol yaitu 73,79. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis paired sample t test dengan berbantukan SPSS 23 dimana menunjukkan pada taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000, karena nilai signifikan T-Test diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media audio visual pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS |