JudulAnalisis Penerapan Manajemen Lingkungan Belajar Di SD Alkhairaat 2 Palu |
Nama: LIA TRISNIAWATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Lia Trisniawati 2025. Analisis Penerapan Manajemen Lingkungan Belajar Di SD Alkhairaat 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: (1) Rizal, (2) Pahriadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Manajemen Lingkungan Belajar Di Sekolah SD Alkhairaat 2 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif atau pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD Alkhairaat 2 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan fisik kelas telah dilaksanakan dengan baik, di mana guru melibatkan siswa dalam penataan ruang kelas untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan efektif. Penerapan disiplin dalam mengelola pembelajaran menunjukkan upaya guru dan kepala sekolah sebagai teladan, meskipun masih terdapat tantangan dalam kedisiplinan siswa. Komunikasi yang baik antara guru dan siswa dibangun melalui pendekatan terbuka, menciptakan hubungan yang harmonis dan suasana belajar yang positif. Organisasi kelas yang efektif terbentuk melalui pembagian tugas yang adil, meningkatkan tanggung jawab siswa. Secara keseluruhan, manajemen lingkungan belajar di SD Alkhairaat 2 Palu telah diterapkan dengan baik, meskipun tantangan dalam menjaga fokus belajar siswa masih perlu perhatian lebih lanjut. Kata Kunci : Analisis, Penerapan Lingkungan Belajar |