JudulPengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Pada Siswa Kelas III SDN 8 Mamboro |
Nama: LISATUL KHAIRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak LISATUL KHAIRA, 2025. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Pada Siswa Kelas III SDN 8 Mamboro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nashrullah dan Pahriadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas III SDN 8 Mamboro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi eksperimen research dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III A dan III B SDN 8 Mamboro yang berjumlah 38 orang. Siswa kelas kontrol atau kelas III A berjumlah 20 orang dan kelas eksperimen atau kelas III B berjumlah 18 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test berbantuan program aplikasi IBM SPSS statistic versi 24. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,008 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas III SDN 8 Mamboro. Kata kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran IPAS |