Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres 1 Lolu
Nama: VINDY ARHI WIJAYA
Tahun: 2025
Abstrak
Vindy Arhi Wijaya. 2025. Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Inpres 1 Lolu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, Asriani. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif untuk digunakan berdasarkan pertimbangan bahwa masalah-masalah yang akan diteliti sedang berlangsung pada masa sekarang dan bertujuan untuk menganalisa fenomena-fenomena tersebut. Pendekatan penelitian ini efektif digunakan untuk tujuan mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang alamiah maupun hasil rekayasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas V SD Inpres 1 Lolu. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dominan ada pada tingkat sedang. Secara umum, peserta didik dengan motivasi sedang cenderung menunjukkan ketiadakstabilan kemampuan dalam menyelesaikan berbagai proses pembelajaran, memiliki rasa kurang percaya diri untuk belajar, memahami materi, dan mengerjakan tugas-tugas secara mandiri, kurang aktif saat pembelajaran dan enggan mengajukan pertanyaan ketika menemukan kekeliruan. Mereka juga memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik seperti tidak mengulang kembali materi yang diajarkan, dan menggunakan buku sebagai satu-satunya akses untuk memahami konsep Matematika Matematika tetapi terkadang mereka ada pada posisi yang sebaliknya. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa faktor eksternal memiliki pengaruh besar (53%), dibanding faktor internal (47%) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Fator eksternal seperti metode pembelajaran yang digunakan guru, dukungan guru, pengaruh teman sepergaulan, serta lingkungan belajar berperan penting dalam membangun motivasi belajar siswa. Disisi lain, faktor internal seperti minat terhadap pelajaran Matematika, kondisi kesehatan, dan kemampuan dasar dalam memahami konsep-konsep Matematika juga memainkan peran yang penting. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dipengaruhi oleh kedua faktor yang saling berkaitan. Upaya peningkatan motivasi belajar harus mempertimbangkan kedua faktor tersebut, terutama dalam membangun rasa percaya diri dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Kata kunci: Analisis, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up