JudulPengaruh Penggunaan Media Video Berbasis Smartphone Dalam Pembelajaran IPAS Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 22 Palu |
Nama: RAODATUL JANNAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Raodatul Jannah, 2025. Pengaruh Penggunaan Media Video Berbasis Smartphone dalam Pembelajaran IPAS menggunakan Metode Eksperimen terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 22 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing pertama Azizah, S.Si, M.Pd, Pembibing kedua Asriani S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video Berbasis Smartphone dalam Pembelajaran IPAS menggunakan Metode Eksperimen terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 22 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain quasi eksperimental (ekperimen semu) dengan jenis Non-equevalent Control Group dengan melibatkan dua kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontro. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV A & Kelas IV B SDN 22 Palu yang berjumlah 56 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar angket. Analisis data menggunakan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas berbantuan program SPSS Statistics versi 27. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan niai signifikansi 0,001 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya Penggunaan Media Video Berbasis Smartphone dalam Pembelajaran IPAS menggunakan Metode Eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Video Berbasis Smartphone dalam Pembelajaran IPAS menggunakan Metode Eksperimen berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 22 Palu. Kata kunci : Media Video berbasis smartphone, Metode eksperimen, minat belajar. |