JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SDN 4 SINDUE |
Nama: LIZA FAZIZA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Liza Faziza, 2025. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Di Kelas V SDN 4 Sindue” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Rizal, (II) Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggrat yang terdiri dari dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Sindue yang berjumlah 17 orang siswa, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar individu 9 orang dari 17 orang siswa, dengan peresentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,94?n daya serap klasikal 64,52% serta aktivitas guru sebesar 70,31?n aktivitas siswa sebesar 56,98%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan individu 15 orang dari 17 orang siswa, dengan peresentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,23?n daya serap klasikal sebesar 75,88% serta aktivitas guru sebesar 87,5?n aktivitas siswa sebesar 83,53%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 4 Sindue. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar Siswa SD, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |