Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMANFAATAN TARI KABELOA BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI TARI DI KELAS V SDN 22 PALU
Nama: CHRISTIADI JAYA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan tari Kabeloa berbasis etnosains terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Tari di kelas V SDN 22 Palu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok yang akan diteliti, yaitu kelompok pertama dengan perlakuan menggunakan metode pendekatan etnosains (X1) dan kelompok lain dengan perlakuan menggunakan metode konvensional (X2). Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa dari kelas VA dan VB, yang terdiri dari 25 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 15 soal berbentuk pilihan ganda. Data dianalsis dengan menggunakan SPSS untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan metode pendekatan etnosains sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Berdasarkan nilai signifikan Independent Sample T-test adalah 0,000, dengan nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) dan taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan tari Kabeloa berbasis etnosains terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Tari di kelas V SDN 22 Palu. Pemanfaatan tari Kabeloa berbasis etnosains membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar Seni Tari siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up