Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres 2 Besusu
Nama: NURFADILAH
Tahun: 2025
Abstrak
NURFADILAH, 2025. Judul skripsi: Pengaruh Model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres 2 Besusu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Zulnuraini, S.Pd., M.Pd dan Nurul Kamisani, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan media quizizz terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain kuasi-eksperimen, dan metode pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres 2 Besusu yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa, lembar observasi dan wawancara. Instrumen tes terdiri atas 12 soal yang telah tervalidasi dan reliabel, mencakup 8 soal pilihan ganda (nilai Cronbach's alpha= 0,772) dan 4 soal uraian (nilai Cronbach's alpha = 0,833). Analisis data yang di gunakan dalam penelitina ini yaitu analisis statistic deskriptif dan inferensial berbantuan program aplikasi IBM SPSS statistic versi 30. Hasil yang di peroleh nilai rata-rata Pretest yaitu 25.00 dan nilai rata-rata Posttest yaitu 72.33. Analisis paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest (Sig. 2-tailed = 0,001 < 0,05). Skor N-Gain mencapai rata-rata 0,6389 5389 yang termasuk dalam kategori sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi elemen permainan melalui Quizizz menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Model GBL tidak hanya mendorong motivasi belajar, tetapi juga secara langsung meningkatkan kinerja kognitif siswa. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata kunci: Model Game Based Learning, Media Quizizz, Hasil Belajar Kognitif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up