JudulAnalisis Implementasi Sistem Full Day School Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kabonena |
Nama: ARCHELAUS OKTAFILUS TOPILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran mengenai implementasi sistem belajar sehari penuh (full day school) pada siswa kelas V SD Inpres Kabonena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas V SD Inpres Kabonena. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 4 tahap dalam implementasi sistem full day school pada siswa kelas V SD Inpres Kabonena yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengawasan dan tahap evaluasi. Dari keempat tahap tersebut sudah dilaksanakan dengan dengan baik. Faktor penghambat dalam implementasi sistem full day school yaitu minimnya sarana dan prasarana pembelajaran sehingga guru kesulitan mengajar. Sementara itu, faktor pendukung berupa kerja sama yang baik antar kepala sekolah dan guru sehingga program ini bisa terlaksana dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa secara umum implementasi sistem full day school di SD Inpres Kabonena sudah berjalan dengan baik namun masih terus diperlukan penyesuaian dan perbaikan kedepannya |