Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Nilai Karakter Toleransi Siswa Di Kelas IV SD Inpres 3 Tondo
Nama: SRI RAHMAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
Sri Rahmawati, 2025. Analisis Nilai Karakter Toleransi Siswa Di Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Herlina dan Nuraini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter toleransi siswa di kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian yaitu guru kelas dan siswa kelas IV berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dalam mengamati secara langsung kegiatan siswa mengikuti pembelajaran di kelas. Peneliti mengamati beberapa aspek toleransi yang sudah diterapkan siswa yakni adanya sikap peduli antar sesama teman, menghargai perbedaan baik perbedaan pendapat/ perbedaan agama, tidak melakukan perundugan/bullying, menolong teman yang berbeda agama dan berperilaku baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas IV diperoleh hasil bahwa siswa dikelas IV sudah menerapkan toleransi dengan baik. Berdasarkan hasil analisis angket yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa nilai karakter toleransi siswa di kelas IV SD Inpres 3 Tondo sudah tinggi, hal ini dilihat dari perolehan data yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh rata-rata 78,08%, dan dapat diartikan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki nilai karakter toleransi. Hal ini sudah cukup baik bagi siswa untuk belajar menerapkan nilai karakter toleransi yang ada pada diri siswa di kehidupan sehari– harinya. Kata kunci: Nilai Karakter, Toleransi, siswa sekolah dasar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up