Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif Di SDN 8 Mamboro
Nama: SYARIFAH ZAHRA
Tahun: 2025
Abstrak
Syarifah Zahra 2025 "strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif di SDN 8 Mamboro" Skripsi Program S1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Herlina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif di SDN 8 Mamboro. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dasar penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui Studi Pustaka, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dengan jumlah sampel wawancara sebanyak 6 orang guru yang di ambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Titik fokus dalam penelitian Penelitian ini menggunakan 4 faktor yang mempengaruhi Pengelolaan Kelas yang Ideal/Sesuai yang meliputi mendesain kelas, mengorganisasikan kelas, monitoring/pemantaun kelas, serta mengevaluasi kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru-guru di SDN 8 Mamboro memberikan dampak positif terhadap terciptanya suasana belajar yang kondusif. Pendekatan yang digunakan tidak hanya menekankan pada penerapan aturan atau penggunaan teknologi, tetapi juga pada pemahaman guru terhadap kebutuhan siswa di setiap jenjang perkembangan. Interaksi sosial yang sehat, komunikasi yang efektif, serta lingkungan fisik yang mendukung terbukti berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Meskipun masih terdapat keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi, guru mampu menyesuaikan metode pembelajaran dengan fleksibel dan humanis. Strategi ini tidak hanya menciptakan keteraturan dalam kelas, tetapi juga mendorong tumbuhnya kemandirian, rasa tanggung jawab, dan karakter positif pada siswa. Dengan demikian, pengelolaan kelas yang adaptif dan komunikatif menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci : strategi pengelolaan kelas, suasana belajar kondusif, sekolah dasar’

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up