JudulDampak Kurikulum Merdeka Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Siswa Kelas IV SDN 24 Palu |
Nama: WULANDARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Wulandari, 2025. Dampak Kurikulum Merdeka Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada siswa kelas IV SDN 24 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Kegurua dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing. Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd dan Muchdar, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kurikulum merdeka terhadap keterampilan abad 21 pada siswa kelas IV SDN 24 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas IV dan Siswa kelas IV SDN 24 Palu. Instrumen dalam penelitian ini yaitu, Kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum Merdeka memiliki dampak positif terhadap pengembangan keterampilan abad 21 pada siswa kelas 4, meskipun penerapannya masih memerlukan peningkatan lagi. Kurikulum ini mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif dan mandiri dengan menekankan keterampilan berpikir kritis, kreatif komunikasi, kolaborasi, karakter dan Kewarganegaraan. Melalui berbagai metode pembelajaran seperti diskusi, proyek kelompok, dan prestasi siswa terbiasa mengungkapkan ide, mengambil keputusan bersama serta bekerjasama dengan teman-temannya. Namun, hasil observasi tergolong rendah sehingga diperlukan peningkatan dalam pemahaman guru, strategi pembelajaran serta dukungan dari berbagai pihak. Kata kunci :Kurikulum merdeka, Keterampilan abad 21 |