JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 4 Sindue |
Nama: ANDI BUNGA TANG |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Andi Bunga Tang, 2025. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 4 Sindue". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Herlina dan (2) Muchdar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa. Indonesia kelas IV SDN 4 Sindue. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 27 siswa, 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis paired sampel 1 test dengan berbantuan SPSS statistic versi 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 4 Sindue. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Bahasa Indonesia |