JudulPERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM IQRA PETOBO |
Nama: IIN INDRILIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Iin Indrilia 2025. Persepsi Guru Terhadap Implememntasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Iqra Petobo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Herlina (2) Muchdar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Iqra Petobo, 2) faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka dan 3) dampak implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di SD Islam Iqra Petobo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap implementasi Kurikulum Merdeka karena memberikan keleluasaan dalam menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Faktor-faktor yang memengaruhi implementasi berasal dari aspek internal seperti kesiapan guru dan sarana sekolah, serta eksternal seperti peran orang tua dan kebijakan pemerintah. Dampaknya terlihat pada peningkatan keterlibatan siswa, karakter dan kreativitas dalam pembelajaran. Kata Kunci : Persepsi Guru, Implememtasi Kurikulum Merdeka |