JudulAnalisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Alkhairaat Kotapulu |
Nama: ANATRIA D. KUNTUAMAS |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru, rencana, dan pelaksanaan pembelajaran serta kesulitan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SD Alkhairaat Kotapulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka tergolong baik, meskipun masih perlu penguatan dalam implementasi praktis. Perencanaan pembelajaran telah mengadopsi prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, namun terkendala keterbatasan fasilitas. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil positif dengan metode beragam dan keterlibatan aktif siswa, meskipun terdapat hambatan dalam penggunaan teknologi. Kesulitan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka meliputi keterbatasan fasilitas, beban administratif, tuntutan peningkatan keterampilan IT, dan kurangnya pelatihan rutin. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pemahaman guru melalui pelatihan berkelanjutan, penyediaan fasilitas yang memadai, dukungan teknologi, pengurangan beban administratif, serta evaluasi dan penyesuaian kurikulum secara berkala. Kata Kunci:Kurikulum Merdeka, Pemahaman Guru, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, kesulitan guru, SD Alkhairaat Kotapulu |