JudulAnalisis Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran SBdP Kelas V SDN 24 Palu |
Nama: DESILIA PRAMESTI TITANIA MAGGI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Desilia Pramesti Titania Maggi, 2025. “Analisis Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran SBdP Kelas V SDN 24 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Yun Ratna Lagandesa dan (2) Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru dalam pembelajaran SBdP di SDN 24 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dimana guru kelas V SDN 24 Palu dari lima indikator kreativitas guru yaitu mengembangkan kegiatan yang menarik dan beragam, membuat alat bantu belajar, memanfaatkan lingkungan, mengelola kelas dan sumber belajar serta melaksanakan proses dan hasil belajar yang diantaranya guru di kelas V SDN 24 Palu memenuhi keempat indikator kreativitas guru. Salah satu indikator yang tidak tercapai yaitu memanfaatkan lingkungan dikarenakan guru yang hanya melakukan pembelajaran di dalam kelas dan tidak memanfaatkan sumber belajar dari sekitar sekolah atau lingkungan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru kelas V SDN 24 Palu termasuk dalam kategori Baik dan menunjukkan indikator kreativitas guru dalam pembelajaran SBdP. Kata Kunci: Analisis, Kreativitas Guru, SBdP |