Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VISUAL POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SDN INPRES 1 TANAMODINDI
Nama: ANNISA
Tahun: 2025
Abstrak
ANNISA, (2025). Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Berbantuan Media Visual Pop Up Book Dalam pembelajaran IPA Kelas 3 SDN Inpres 1 Tanamodindi, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Metode Inquiry Berbantuan Media Visual Pop Up Book. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Inpres 1 Tanamodindi yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil minat belajar siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan ke dua diperoleh hasil minat belajar siswa dari setiap indikator berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi dan pada siklus II diperoleh hasil minat belajar siswa dari setiap indikator berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I Pertemuan pertama diperoleh 65?n pada pertemuan kedua sebesar 85%, Pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah presentase aktivitas siswa sebesar 90%,. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama yaitu sebesar 87.5?n pada pertemuan kedua sebesar 85%, hasil aktivitas guru suklus II sebesar 90.91%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan Metode Inquiry Berbantuan Media Visual Pop Up Book Dalam pembelajaran IPA Kelas 3 SDN Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci: Metode Inquiry, Media Pop Up Book, Minat Belajar, IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up