JudulPERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA SISWA KELAS IV SDN INPRES 2 TALISE |
Nama: NURFAJRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurfajri, 2024. “Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis HOTS Pada Siswa Kelas IV SDN Inpres 2 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Pahriadi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana peran kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) pada siswa kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sangat berperan dalam proses pembelajaran, tidak terkecuali dalam pembelajaran berbasis HOTS. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kelas IV SDN Inpres 2 Talise sudah bisa digolongkan dalam kategori baik, hanya saja dalam implementasinya dalam pembelajaran berbasis HOTS kompetensi guru masih perlu ditingkatkan. Pembelajaran berbasis HOTS juga sudah mulai diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Namun, dalam pelaksanaannya belum dapat digolongkan dalam kategori optimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, perbedaan kemampuan dan pemahaman siswa, perbedaan kondisi fisik, emosional, dan mental siswa, motivasi belajar siswa, kompetensi guru, serta sarana dan prasarana sekolah. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Berbasis HOTS. |