JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Inpres 2 Tondo |
Nama: MOHAMAD HIJROH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Mohamad Hijroh, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres 2 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa kurang aktif di kelas dan kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan disekolah yaitu 75 hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan di SD Inpres 2 Tondo masih menggunakan model konvesional yaitu model pembelajaran yang dominan menerapkan metode ceramah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres 2 Tondo. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Tanggart. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD inpres 2 Tondo yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu diperoleh melalui lembar pengamatan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil Siklus I diperoleh hasil belajar ketuntasan klasikal sebesar 65?n Siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil Aktivitas guru Siklus I sebesar 63,52?n hasil aktivitas guru Siklus II sebesar 92,63%. Hasil aktivitas siswa Siklus I 61,11?n hasil aktivitas siswa Siklus II 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres 2 Tondo. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar |