Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerpan Metode Bermain Peran Dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD Inpres 5 Taipa Laga
Nama: SRY IRAMAYA S. MANGGE
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV b SD Inpres 5 Taipa Laga tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 17 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan tingkat kepercayaan diri siswa hanya mencapai 50%. Setelah dilakukan tindakan siklus I presentase rata-rata tingkat kepercayaan diri siswa meningkat menjadi 57,35%. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 75%. Hasil observasi aktivitas siswa pertemuan siklus I pertemuan pertama diperoleh presentase 64,44?n siklus I pertemuan kedua diperoleh 71,11%. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama diperoleh presentase 77,77?n siklus II pertemuan kedua diperoleh 88,88%. Hasil Observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama diperoleh 71,11?n siklus I pertemuan kedua diperoleh 77,77%. sedangkan pada hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama diperoleh 82,22?n siklus II pertemuan kedua diperoleh 91,11%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up