Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Video Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SD Inpres 5 Taipa Laga
Nama: DERINCE TALINDONG
Tahun: 2025
Abstrak
Derince Talindong, (2025). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Video”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data ada dua yaitu data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil tes penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 69,36 adapun presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 66,66%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa diperoleh 78,89?apun presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 86,66%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama diperoleh presentase 73?n siklus I pertemuan kedua diperoleh 77,14%. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama diperoleh presentase 86?n siklus II pertemuan kedua diperoleh 89,52%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama diperoleh presentase 70?n siklus I pertemuan kedua diperoleh 76,19%. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama diperoleh presentase 82?n siklus II pertemuan kedua diperoleh 86,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 5 Taipa Laga. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Media Video, dan Inkuiri Terbimbing

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up