JudulPengaruh Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Di SD Inpres 2 Tondo |
Nama: FAHRUL RAMADAN DG. MALONDENG |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fahrul Ramadan DG. Malondeng, 2025. “Pengaruh Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonsia Kelas IV SD Inpres 2 Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Muhammad Aqil Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Inpres 2 Tondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi nilai raport. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,625 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05. Artinya, semakin tinggi minat membaca siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar Bahasa Indonesia yang dicapai. Korelasi ini bersifat positif dan berada pada kategori sedang menuju kuat. Kesimpulannya, minat membaca memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar, sehingga perlu adanya upaya dari sekolah, guru, dan orang tua untuk menumbuhkan dan mendukung kebiasaan membaca pada siswa. |