Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeningkatan Keterampilan Siswa Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing Di Kelas II SDN 24 Palu
Nama: MASITA
Tahun: 2025
Abstrak
Permasalahan yang di kaji adalah apakah metode latihan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas 11 SDN 24 Palu. Adapun tujuan yang diharapkan adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SDN 24 Palu melalui metode latihan terbimbing, sehingga siswa dapat membaca dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan peneltian mengikuti PTK model Kurt Lewin yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penilaian didasarkan pada pengamatan proses kemampuan membaca nyaring. Subjek yang diteliti adalah 25 siswa kelas II SDN 24 Palu. Proses penelitian tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data dikumpulkan melalui table keterampilan membaca nyaring, berdasarkan data tersebut, peneliti dapat menetukan penilaian proses keterampialn membaca nyaring. Melalui table hasil belajar siswa kelas II SDN 24 Palu. Hasil menujukkan bahwa rata-rata hasil belajar dari observasi awal sebelum adalah 60,96 dengan ketuntasan belajar hanya sebanyak 20%, penerapan metode latihan terbimbing pada siklus 1 meningkatkan rata-rata hasil keterampilan membaca nyaring menjadi 76,68 dengan persentase ketuntasan sebanyak 60%, refleksi hasil siklus pertama guna mampu meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus kedua menjadi 87,68 dengan presentase ketuntasan mencapai 88%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disumpulkan bahwa metode latihan terbimbing mampu meningkatkan kemampuan membaca nyaring.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up