JudulANALISIS PENERAPAN POJOK BACA TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 01 PASANGKAYU |
Nama: UMMI KALSUM |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ummi Kalsum A 401 20 362, “Analisis Penerapan Pojok Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas V DI SDN 01 Pasangkayu ”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan pojok baca terhadap minat membaca siswa kelas V di SDN 01 Pasangkayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan yang menjadi narasumber ialah guru kelas V, Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pojok baca di SDN 01 Pasangkayu. Kelas tinggi mempunyai jam khusus membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan sebelum istirahat, jam tersebut digunakan untuk membaca buku yang ada di pojok baca. Dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan minat baca pada anak perlu pendamping baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Program ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan literasi siswa di kelas V Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap sekolah atau kelas dapat memiliki pendekatan yang berbeda dalam penerapan pojok baca. Oleh karena itu, disarankan untuk berdiskusi dengan guru atau staf sekolah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penerapan pojok baca di kelas V di sekolah tertentu. Kata Kunci: Implementasi Pojok baca, Minat Baca Siswa |