JudulPENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 1 TALISE |
Nama: FARID ABDUL LATIF |
Tahun: 2024 |
Abstrak Farid Abdul Latif, 2024. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Talise”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (Di bawah bimbingan Asriani, 2024). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN 1 Talise. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian motivasi belajar yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif memperoleh nilai rata-rata keseluruhan indikator pada angket sebesar 82% yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan Teknik shapiro-wilk dengan taraf signifikan 0,05 didapatkan hasil nilai signifikan motivasi belajar sebesar 0,285 dan hasil belajar sebesar 0,517 sehingga kedua data dapat dikatakan normal. Selanjutnya dilakukan uji linearitas yang memperoleh nila Fhitung < Ftabel = 0,691 < 4,414 maka dapat dikatakan terdapat hubungan yang linear antara motivasi belajar dan hasil belajar. Pada uji korelasi diperoleh nilai rhitung untuk motivasi belajar (X) dan hasil belajar (Y) sebesar 0,830 dan rtabel sebesar 0,444 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar rhitung ? rtabel = 0,830 ? 0,444 dan bernilai positif. Artinya, semakin meningkat motivasi belajar maka meningkat pula hasil belajar siswa. Untuk uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapatkan nilai thitung sebesar 6,311 dan ttabel sebesar 2,101 dapat dilihat bahwa thitung ? ttabel = 6,311 ? 2,101 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA |