JudulPengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Pecahan Di Kelas 3 SD Inpres 1 Tolai |
Nama: NOVA HERMINA LESTARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nova Hermina Lestari, 2020. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas 3 SD Inpres 1 Tolai”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian pecahan di kelas 3 SD Inpres 1 Tolai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pre-test and post-test with non-equivalen control-grup design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimen (n = 20) dan kelas 3B sebagai kontrol (n = 20). Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan uji independent sample t-test dengan uji prasyarat: uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Analisa data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis dengan uji independent sample t-test diperoleh Sig. 0,004 < 0,05 dengan taraf signifikansi ? = 0,05, sehingga hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian pecahan di kelas 3 SD Inpres 1 Tolai Kata Kunci : Discovery Learning, Materi Perkalian Pecahan, Hasil Belajar. |