JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS V SD ALKHAIRAAT 1 PALU |
Nama: SUNARSI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sunarsi, (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Role playing di Kelas V SD Al-Khairat Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Al-Khairat Palu, melibatkan 20 orang siswa terdiri atas 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 45?n daya serap klasikal 50%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 65?n daya serap klasikal 64% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Al-Khairat Palu. Kata Kunci : Metode Role Playing, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |