JudulUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 TERPENCIL LOMBOK |
Nama: RIAMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Riami, (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Terpencil Lombok. Skripsi program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan model pembelajaran Examples non examples. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas IV SD Inpres 2 Terpencil Lombok yang berjumlah 10 siswa 4 laki-laki dan 6 perempuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik aanalisis yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tingkat pencapaian aktivitas guru siklus I 80?ngan kategori baik dan sikus II 91,66?ngan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas pesera didik siklus I 68,33?ngan kategori cukup dan siklus II 88,33?ngan ketegori sangat baik. Tingkat ketuntasan belajar klasikal peserta didik di siklus I adalah 60?n siklus II adalah 90% sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 70,5 dn siklus II 81. Berdasarkan hasil tersebut sapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres 2 Terpencil Lombok. Kata kunci : model pembelajaran examples non examples, hasil belajar IPS |